Tips Menentukan Angle Foto yang Keren Menghasilkan Foto yang keren

Jika kamu ingin membuat foto yang keren pastinya pengalaman memotret sangat diperlukan. makin sering melakukan hunting foto, maka kian peka pula dalam melihat objek yang hendak difoto. 
Foto yang keren bisa terwujud dari kemampuan mengkomposisikan gambar. Kala kamu telah cakap di komposisi foto sehingga dengan gampang foto itu bakal terwujud. 
Nah untuk itu ada beberapa Tips menentukan Angle foto yang keren untuk membuat foto yang keren juga pastinya, yaitu salahsatunya dengan mengetahui sudut pengambilan foto atau Angle foto.

Untuk lebih jelas mengenai Angle foto sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya

Ambil sudut Simetris 

Contoh angle foto simetris
sumber: unsplash. com
Biasanya, mata manusia cenderung melihat suatu objek yang apik. teori itu juga berlaku dalam dunia fotografi, di mana anda harus menghasilkan foto simetris untuk menarik perhatian para penikmat foto. simetris yang dimaksudkan ialah bentuk gambar yang seimbang antarsisi. 
Untuk membuahkan foto simetris, anda bisa memilih sebagian objek seperti arsitektur gedung ataupun alam. Biar begitu, foto simetris diduga cukup susah untuk diaplikasikan dengan cara alami. Karenanya, anda harus melalui tahapan editing untuk menyempurnakan hasil foto simetris tersebut.

Gunakan Teknik Lanskap / Panorama

Contoh angle foto teknik panorama
(sumber: static. pexels. com)
Mau memotret objek luas dalam satu frame? saat ini tidak harus repot lagi mengubah lensa wide (lebar), karna anda bisa memakai cara lanskap yang terdapat pada kamera ataupun ponsel pintar. Supaya memperoleh hasil yang bagus, anda harus meyakinkan kamera berdiri di posisi yang sama. Dengan begitu, hasil lanskap enggak bakal bocor ataupun rusak. 
Tidak cuma cara lanskap, anda bisa memakai cara overlay sebagai opsi lain. Untuk mempraktikkan cara ini, anda cuma harus mengambil gambar satu masing-masing satu dari berbagai sudut. Seusai semua sudut lengkap, anda bisa menyatukannya melalui aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop ataupun Adobe Lightroom.

Gunakan Metode Rule Of Thirds 

Contoh Angle foto teknik Rule Of Thirds
(sumber: wikimedia. org) 
Kreasi objek dalam suatu foto nyatanya mempengaruhi keindahan yang diperoleh. Untuk itu, anda harus mempraktikkan aturan rule of thirds, di mana bidang foto terbelah menjadi tiga bagian dengan cara vertikal ataupun horizontal. Nantinya tampak 9 area sama besar yang bakal membantu anda memastikan posisi objek dalam foto. 
Seusai mengaktifkan rule of thirds pada layar kamera, anda harus menentukan Point Of Interest (POI), yakni objek yang bakal menjadi fokus pada foto. 
Berikutnya, anda bisa menaruh objek itu ke dalam salah satu area rule of thirds. Dengan mempraktikkan aturan ini, foto yang anda bidik bakal lebih setimbang serta menghasilkan lansekap yang menarik.

Gunakan Teknik Frog Eye View 

tips menggunakan komposisi frog eye
Sumber: diykamera.com

Angle foto frog eye sebenarnya lebih menekankan sudut pandang amat rendah dari objek foto utama. sering kali sampai rata dengan tanah. 
Kesan yang di dapat ialah sudut lansekap/ panorama yang tak biasa, keadaan ini bisa anda terapkan bila ingin menonjolkan kemegahan suatu arsitektur gedung, atau sekedar memotret langit biru dengan hiasan bangunan pencakar langit. 
Angle foto tipe ini pasti bakal sesuai bila objek foto yang anda bidik serupa dengan kesan yang nampak tadi. Contohnya: Foto bangunan, Jembatan yang megah. 
Bila ini digunakan memotret model, sehingga efek yang paling gampang kelihatan adalah modelmu bakal terlihat seperti raksasa. Tetapi keadaan itu tergantung lensa yang digunakan juga, bila tidak ingin bentuk jadi raksasa, ambil jarak yang cukup jauh serta gunakan lensa dengan focal length panjang (lensa tele).

Gunakan Teknik Angle Bird’s Eye View 

Contoh angle foto Teknik Angle Bird’s Eye View
Sumber: webdev-id.com
Sudut pandang bird’s eye view bakal memperlihatkan foto yang biasanya diperoleh dari atas ataupun lebih tinggi dari objek foto. sebagian jenis foto yang memakai drone bakal amat menonjolkan karakter khusus angle foto ini. 
Sebagian kesan yang bakal ditangkap dari foto tipe ini antara lain: Area foto yang luas bahkan sering-kali amat luas, oleh karna itu angle foto ini banyak digunakan kala pemetaan atau buat inspeksi suatu area. 
Memotret dari atas bangunan pencakar langit 15 lantai juga bakal membawa kesan ini. tetapi bila anda benar-benar mau merasakan gimana kesannya memotret dengan sudut pandang bird’s eye view ini, cobalah memotret dengan drone tadi dan anda bakal tahu perbedaannya.
Itulah 5 Tips Menentukan Angle Foto yang Keren Menghasilkan Foto yang keren. Tak masalah juga bila Anda mencoba sedikit mengedit foto dengan Aplikasi Edit foto dengan tidak merubah objek asli foto tersebut supaya hasilnya tetap alami, Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Durasiku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *