Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Berikut Penjelasan

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Berikut Kelebihan Juga Kekurangan nya 

Camera SLR adalah

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR
Kamera SLR Gambar by Pixabay.com

Kamera Refleksi lensa tunggal (bahasa Inggris: Single-lens reflect (SLR) camera) ialah kamera yang menggunakan sistem jejeran lensa jalur tunggal buat melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, adalah Focal Plane serta Viewfinder, alhasil memungkinkan fotografer buat dapat melihat objek dengan kamera yang sama persis serupa dengan hasil fotonya. 

Jadi kata refleksi yang ditujukan dalam pengertian ini ialah refleksi cahaya dari lensa, bukan dari kaca pantul dalam sistem pra pandang


Dengan pengertian ini, maka kamera yang tidak menggunakan Teknologi kaca pantul dan juga prisma, masih bisa digolongkan pada jenis SLR atau Refleksi Lensa Tunggal

Komponen yang dimiliki Kamera SLR

Salah satu bagian yang utama pada kamera ialah pembidik (viewfinder). ada dua sistem bidikan, adalah: 
  • Jendela bidik yang terpisah dari lensa (Viewfinder type) 
  • Bidikan melalui lensa (Reflex type). 
Kamera SLR, serupa dengan namanya (Single Lens Reflex), menggunakan sistem bidikan jenis kedua. Mata fotografer melihat subjek melalui lensa, alhasil tidak terbentuk parallax, adalah keadaan di mana fotografer tidak melihat secara tepat indikasi keberadaan subjek dengan lensa alhasil ada bagian yang hilang saat foto dicetak. keadaan parallax ini pada dasarnya timbul pada penjepretan close up dengan menggunakan kamera viewfinder.

Kelebihan Kamera SLR

Seperti jenis kamera lainnya, kamera SLR juga memiliki beberapa kelebihan. 

Pertama, menangkap cahaya dengan amat baik. Penggunaan film sebagai media penyimpanan dapat memungkinkan penangkapan cahaya dan juga penerjemahan warna yang bagus. 

Media film pada kamera SLR tidak ada yang bisa mengimbangi, bahkan termasuk teknologi kamera pada tipe digital. 

Kedua, objek yang ditangkap sama persis. Pada kamera SLR, penggunaan lensa jalur tunggal ini melewati cahaya pada dua tempat adalah focal plane dan juga viewfinder. alhasil kemungkinan objek yang ditangkap kamera tampak serupa dengan objek aslinya. Untuk pemotretan hasil jebretan langsung, penggunaan kamera SLR malah lebih baik. 

Ketiga, varian harga cenderung lebih ekonomis. Kelengkapan fitur yang tidak terlalu banyak memungkinkan harga kamera SLR ini tidak mahal. Walaupun dengan harga yang relatif murah, mutu kamera SLR cukup bagus buat hobi fotografi. 

Kekurangan Kamera SLR

Disisi lain, kamera SLR juga memiliki sebagian kekurangan. Pertama, cuma menangkap beberapa gambar tertentu. dengan alat penyimpanan film pada kamera SLR, cuma memungkinkan dapat menyimpan foto per rol film aja. 

Kedua, tidak bisa merekam video. berbeda dengan kamera DSLR yang sebagian besar bisa merekam video, kamera SLR cuma dapat dipakai buat fotografi yang praktis aja. 

menurut perbedaan kamera SLR dan juga DSLR, dapat diketahui kamera SLR cenderung dianggap menjadi kamera lawas. sebaliknya kamera DSLR dapat dibilang sebagai kamera digital yang menggantikan SLR pada masa kini. walaupun begitu, kamera DSLR juga memiliki sebagian kelemahan disamping keunggulan yang dipunya. 

Kamera DSLR adalah

Kamera DSLR adalah
Kamera DSLR gambar by Pixabay.com

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) pada prinsipnya, Kamera SLR dan juga DSLR memiliki cara kerja serta komponen yang serupa. Yang membedakan ialah penggunaan film. 

Kamera SLR menggunakan film selaku medium penangkap, sebaliknya kamera DSLR tidak lagi menggunakan film. sebagai gantinya, kamera DSLR menggunakan sensor CCD atau CMOS. 

Pada kamera film, maka kualitas lensa amat menentukan kualitas gambar. Pada kamera digital yang menentukan kualitas gambar yaitu: 

Pertama, Sensor kamera di mana kian bagus kualitas sensor kamera, maka dimungkinkan kian bagus juga kualitas gambar 


Kedua, Prosesor di mana kebanyakan tiap merk kamera memiliki sistem pemrosesan pribadi yang berbeda dengan merk lainnya, pemrosesan yang buruk bakal mengakibatkan kualitas gambar yang tidak maksimum, meskipun sensornya berkualitas baik 

Ketiga, Lensa di mana yang berkualitas bagus pasti diperlukan, tapi tidak sepenting seperti pada kamera film, karna banyak dari kekurangan kualitas lensa sudah bisa diperbaiki oleh prosesor, alhasil perbedaan kualitas yang sedikit antara lensa yang satu dengan yang lain bakal menghasilkan gambar yang relatif sama kualitasnya, semisal f/1.4 dengan f / 1.8

Kelebihan Kamera DSLR

Diantara keunggulan yang dipunya kamera DSLR merupakan pertama, memiliki pilihan lensa yang beraneka ragam dan juga dapat ditukar-tukar sesuai keinginan. paling tidak ada pilihan lensa yang dapat dipakai seperti lensa ultra wide (semisal untuk memotret gunung), lensa makro (buat memotret objek kecil). 

Kedua, kualitas gambar yang dipunya kamera DSLR juga amat bagus. hal itu lantaran kamera ini menggunakan digital single-lens refleks. hasil jepretan yang diperoleh senantiasa lebih baik terlebih saat pixel yang dipunya sama dengan kamera digital lainnya. 

Ketiga, kinerja kamera DSLR lebih bagus. sistem dan juga pentraprisma yang dipakai bisa memfokuskan cahaya dan juga langsung meneruskannya ke optical viewer alhasil autofokus kamera menjadi lebih cepat. 

Kapasitas memory yang besar dan juga kelengkapan fitur dari kamera ini juga dapat meningkatkan kinerja kamera yang lebih bagus. 


Keempat, mudah di-upgrade. Kamera DSLR dapat digunakan bertahun-tahun tanpa merasa ketinggalan zaman karna kamera ini mudah di-upgrade dengan aksesori terbaru dan juga perangkat tambahan lainnya. 

Kekurangan Kamera DSLR

Dibalik keunggulan yang dipunya kamera DSLR, ada juga kekurangan yang harus diketahui. 

Pertama, bentuk fisik yang merepotkan. Bentuk fisik ini disebabkan sistem yang menuntut adanya cermin dan juga prisma alhasil kamera ini memiliki body lebar dengan kening yang menjendul. Kadang bentuk fisik ini menyulitkan buat pemula dalam menenteng kamera dan juga memotret 

Kedua, mekanismenya rumit. Jumlah tombol yang amat banyak dan juga komponen yang rumit jelas tidak mudah, apalagi buat pemula. memerlukan waktu belajar yang lama dan juga ketekunan supaya bisa mengoperasikan kamera dan juga menghasilkan foto yang semulus para fotografer berpengalaman. 

Ketiga, harga relatif mahal. Komponen kamera yang banyak pasti aja memerlukan perakitan kamera dengan dana yang besar. maka amat wajar bila harga kamera DSLR dibanderol dengan harga yang amat tinggi.

Penutup

Itulah Perbedaan Kamera SLR dan DSLR berikut Kelebihan juga Kekurangan masing-masing mudah mudahan menjadi referensi bagi Anda yang ingin membeli Kamera. Semoga bermanfaat Terimakasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url