Mengenal Bagian bagian Kamera DSLR Nikon dan Fungsinya

Bagian bagian Kamera DSLRr Nikon dan Fungsinya
Kamera DSLR Nikon gambar by Pixabay.com

Nikon merupakan salah satu merk kamera paling baik saat ini di pasaran. tak sama dengan kamera lainnya, Nikon memang memiliki pengaturan yang kira-kira sedikit berbeda dan bisa dibilang cukup sulit terutama buat anda yang baru pertama kali memegang ataupun memiliki kamera. 

Nah, biar tak bingung lagi pas memfoto maka selanjutnya  Durasiku.com akan memperkenalkan anda dengan settingan kamera Nikon.

Pada dasarnya ada kira-kira 6 menu penting di kamera DSLR Nikon, tetapi kali ini akan memperkenalkan settingan Shooting Menu dan Bagian-bagian Kamera DSLR Nikon dan Fungsinya yang sering bikin pemula bingung ketika pertama kali menggunakan kamera Nikon. 

Set Picture Control. 

Menu satu ini berguna buat menentukan variasi warna yang akan anda gunakan. kebanyakan settingan di menu ini tersedia dalam pilihan standar, neutral, vivid, monochrome, landscape dan portrait. ada pula pengaturan manual pada tiap-tiap Picture Control tersebut. 

Mode Scene.

Menu ini memang tidak selalu ada, tetapi anda ada baiknya mengenal menu ini karna fungsinya buat menentukan jenis Pemotretan, baik buat siluet, sports, night, candle light, beach, kids, high key, low key dan lainnya. 

Manage Picture Control. 

Jika settingan satu ini fungsinya buat menentukan apakah sebuah foto akan di simpan atau tidak. 

Reset Shooting Options 

Menu settingan satu ini fungsinya buat mengembalikan semua Pengaturan Shooting Menu seperti semula atau standar, sesudah anda otak-atik. 

Image Quality. 

Settingan satu ini berfungsi buat menentukan kualitas foto, dengan pilihan JPEG (fine, normal dan basic) atau RAW Neff

Image Size 

Nah, apabila settingan ini berperan buat menentukan seberapa besar foto yang akan dibuat. Mulai dari Large, medium dan Small, rincian ukuran tiap kamera berbeda tergantung besarnya Piksel

White Balance 

Jika fitur satu ini amat pas buat mengatur dan mencocokkan keseimbangan warna pada masing-masing keadaan. Ada White Balance Auto, Incandesent, Flourescent, Flash, Cloudy, Direct Sunlight, Shade dan Preset Manual di mana masing-masingnya bisa diatur secara manual. 

ISO Sensitivity Settings 

Bila settingan satu ini amat berguna buat mengatur berapa ISO yang dipakai ataupun menggunakan auto. tiap Kamera mempunyai Angka Variasi ISO yang berbeda-beda. 

Active D Light 

Settingan ini berperan untuk membuat terang pada bagian foto yang gelap. 

Auto Distortion Control 

Settingan ini fungsinya buat mengoreksi barel atau distortion pincushion, ketika memotret dengan lensa tipe-G, lensa tipe-D, fisheye dan model-model tertentu lainnya. 

Noise Reduction 

Bila settingan satu ini fungsinya buat membantu mengurangi noise ataupun bintik-bintik yang disebabkan penggunaan ISO yang terlalu tinggi. 

Mode AF Area  

Tidak seperti kamera DSLR lainnya, kamera Nikon menyematkan 4 fitur AF Area Mode. Diantaranya ialah Single poin, Dynamic area, Auto area dan 3D. Titik fokus tiap kamera berbeda jumlahnya. 

Menu ini pula bisa dipakai buat mengatur fokus pada penggunaan Live View, dengan pilihan Face Priority AF, Wide area AF, normal area AF dan Subject Tracking AF

Metering 

Kalau settingan satu ini fungsinya buat menentukan mode-mode Metering kayak Matrix Metering, Spot Metering dan Center Weighted Metering. Pada dasarnya, settingan ini berperan juga buat menganalisa penyaluran tonal, warna dan komposisi. 

Itulah Bagian-bagian Kamera DSLR Nikon dan Fungsinya dan Settingan Dasar pada Kamera DSLR Nikon yang harus diketahui pemula. Terimakasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url