Bagian bagian kamera DSLR Canon 1200d dan Cara menggunakannya untuk Pemula

Cara menggunakan kamera canon eos 1200D tidak semudah seperti apa yang kawan kawan bayangkan. mesti memerlukan beberapa pemahaman karna banyak beberapa tahapan yang memang perlu anda pelajari sebagai teknik dasar dalam dunia fotografi. 

Kamera ini memang di alokasi buat kalangan fotografer pemula. Kamera Canon 1200d ini termasuk tipe kamera yang mudah digunakan dengan hasil foto yang berkualitas. Kisaran harga Kamera Canon 1200d dengan hasil foto ciamik ini hanya di bandrol Rp. 4 juta, murah bukan?


Untuk kawan kawan yang baru terjun di dunia fotografi serta baru aja membeli Kamera DSLR, tentu masih bingung buat mengoperasikan kamera tersebut. 

Walaupun telah ada buku panduan di dalam satu paket pembelian kamera, tampaknya masih ada beberapa hal yang masih kurang paham buat di mengerti. 

Untuk permasalahan di atas kali ini Durasiku.com ingin menerangkan cara menggunakan kamera Canon 1200d untuk pemula, simak lengkapnya di bawah ini: 

Cara menggunakan Kamera Canon 1200D bagi Pemula 

Bagian bagian kamera Kamera Canon 1200d
 Kamera Canon 1200d gambar by youtube.com


Pengaturan Otomatis 

Buat Anda yang mempelajari tekhnik dasar fotografi, cara menggunakan kamera canon 1200d untuk pemula yaitu Anda bisa menggunakan menu Automatic yang ada di fitur Mode, umumnya untuk mode ini dilambangkan dengan bentuk persegi panjang pada pilihan mode di setiap Kamera DSLR. 

Bila kamera anda berada di mode otomatis sehingga untuk setingan seperti aperture, shutter speed serta ISO akan tersetting sendiri dengan kondisi objek yang mau ditangkap oleh kamera. 

Tombol Shutter untuk menentukan Fokus 

Hal ini yang sangat penting dalam memotret ialah menentukan fokus ke objek yang mau anda foto. ada dua tahap yang mesti anda lakukan dalam menentukan fokus objek. 
  • Tahap pertama adalah anda mesti menekan setengah tombol shutter untuk mendapatkan fokus, tunggu hingga lensa dapat menangkap titik fokus dengan baik, kebanyakan bila fokus sudah dapat bentuk kotak yang ada di layar LCD berwarna hijau 
  • Langkah kedua adalah bila fokus telah didapatkan lalu tekan tombol shutter sepenuhnya untuk mengambil objek foto tersebut. 

Menu Dial Yang kerap digunakan Kamera DSLR 

Jika kawan kawan masih agak kesusahan untuk menggunakan mode manual karna mesti mengatur Aperture, shutter speed serta ISO, berikut beberapa pengaturan kamera DSLR Canon yang dapat anda terapkan antara lain: 

Portrait: Bila anda akan mengambil obyek foto anda adalah orang, anda bisa menggunakan mode portrait. mode ini bisa mengatur corak gambar agar tidak tampak begitu kontras. 

Landscape: Anda bisa menggunakan settingan ini bila mau mengambil gambar untuk scane pesisir serta pemandangan. 

Close Up: Pakailah mode ini bila anda mau mengambil gambar pada obyek yang kecil biar semua obyek dapat mengisi seluruh frame serta seolah-olah akan tampak besar. 

Flash Off: Mode ini di terapkan untuk tiap kondisi dimana anda membutuhkan flash buat membantu pengambilan gambar. 

Sport: Bila obyek yang anda foto adalah obyek bergerak, maka anda bisa menggunakan Mode Sport

Night Portrait: Pakailah mode yang satu ini bila anda hendak membidik target pada malam hari yang tingkat pencahayaannya rendah. 

Cara penggunaan Kamera Canon 1200D anda tidak mesti menguasai semua settingan di kamera DSLR seluruhnya hanya dengan sekali waktu. Buat anda yang mau terjun di dunia fotografi langkah awal yang mesti anda kuasai adalah cara menggunakan kamera DSLR yang tepat

Meskipun anda baru belajar tetapi anda tetap bisa menghasilkan foto yang baik serta tidak kalah dengan fotografer berpengalaman lainnya. 

Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang caranya, berikut ini sedikit menjelaskan tentang Cara Menggunakan Kamera DSLR yang tepat untuk Pemula

1. Cara memegang Kamera DSLR Yang Benar 

Hal yang mesti kawan kawan cermati ketika ingin belajar menggunakan kamera DSLR adalah cara memegang kamera DSLR. Pada saat anda berfoto diluar, orang lain tidak tahu apakah anda masih belajar ataupun sudah terampil menggunakan kamera tersebut. 

Akan tetapi bila cara anda memegang kamera DSLR salah, sehingga orang lain akan langsung tahu bila anda masih pemula, agar menghindari hal itu terjadi alangkah baiknya anda mencermati cara memegang kamera DSLR yang benar 

Kekeliruan yang kerap sekali dilakukan para fotografer pemula adalah tangan kiri menggenggam lensa kamera dari bagian samping. tentu hal ini tidaklah benar. 

Cara yang betul adalah tangan kanan menggenggam body kamera serta jemari telunjuk bersiap buat memencet tombol shutter. Sedangkan tangan yang kiri menahan kamera dari bagian bawah bukan di bagian samping. 

Peran tangan kiri dalam cara menggunakan kamera canon 1200d adalah buat menahan kamera dari bawah ialah agar ketika anda mau memotret kamera menjadi lebih stabil serta bebas goncangan, Anda juga bisa merapatkan siku ke tubuh anda biar kamera lebih stabil. 

2. Pakailah pengaturan Otomatis / Mode Auto

Menggunakan menu otomatis hendaknya dilakukan untuk anda yang masih baru menggunakan kamera DSLR. dengan settingan ini, kemudian pengaturan yang penting seperti ISO, Aperture serta Eksposure bakal otomatis tersetting sendiri nya menyelaraskan kondisi obyek foto yang mau anda jepret. 

Karna bila anda memaksakan buat menggunakan mode manual tanpa anda mengerti tentang apa itu aperture, ISO serta Ekposure bisa bisa hasil foto yang anda ambil justru jelek. 

3. Gunakan Auto Fokus

Cara menggunakan kamera DSLR yang ketiga ialah menggunakan Auto Focus. Fungsi auto focus ini sangat penting buat anda para fotografer pemula karna bila anda menggunakan mode manual Focus akan tetapi anda belum terbiasa yang ada nanti foto anda akan jadi blur atau tidak fokus. 

Apa itu Auto Focus? seperti namanya auto fokus ini adalah dimana si lensa memungkinkan secara otomatis mendapatkan fokus. Auto fokus ini adalah cara yang tepat biar cepat serta efisien mengunci fokus objek foto. 

Setingan ini bekerja sangat baik kala momen dimana cahaya yang terang serta tidak redup ataupun minim cahaya. 

4. Cara menekan tombol Shutter biar fokus & stabil 

Cara menggunakan kamera dslr berikutnya adalah memperhatikan cara menekan tombol shutter. Ada dua tahap ketika menekan tombol shutter, 

Tahap yang pertama adalah menekan setengah dari tombol shutter, setelah itu tunggu sampai lensa dapat menangkap titik fokus dengan baik. Bila lensa telah mengunci fokus objek setelah itu lanjutkan tahap yang kedua yaitu dengan menekan tombol shutter sepenuhnya. 


Karna kebanyakan ketika menekan tombol, tanpa sadar menekan dengan cepat alhasil membikin kamera sedikit ada guncangan serta kamera tidak stabil. Bila ini terjadi, maka ada kemungkinan hasil foto jadi kurang fokus ataupun justru ngeblur. 

5. Gunakan Komposisi Rules Of Third 

Cara menggunakan kamera dslr untuk pemula
Rule of thirds Gambar by https://en.wikipedia.org


Aturan sepertiga atau yang kerap dikenal Rules of Thirds merupakan rumus atau prinsip komposisi yang sangat dikenal buat kalangan dunia fotografi. Bla anda ingin belajar lebih jauh tentang fotografi, hendaknya anda harus mengerti tentang rumus Rule of Thirds ini. 

Rule of Third atau aturan sepertiga adalah ketentuan komposisi dimana aspek foto dibagi jadi tiga bagian sama besar, baik secara vertikal ataupun horizontal alhasil anda memiliki 9 area yang sama besar, hasil dari pembagian bidang tersebut anda memiliki pertemuan 4 titik. 

Dengan cara ini, menggunakan kamera canon 1200d ini anda bisa menaruh objek foto di salah satu pertemuan 4 titik tersebut. 

Mungkin itu aja artikel seputar Cara Menggunakan Kamera Canon 1200D untuk Pemula. semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url